feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Tentang Tahun Baru

Labels: ,

Ini tentang tahun baru.

Tadi malem pas jam 00.00 gw baru mulai keluar dari sarang. Bawa handycam buat ngeliat gimana suasana pergantian tahun di kota Pontianak.

Yang gw temuin adalah jalan-jalan yang macet, orang-orang pada tumpah ruah di tengah sampe ke pinggir jalan, lalu lintas yang udah ga terkendali, banyak orang yang muter kendaraannya berlawanan arah, serta para pengendara motor yang ga pake helm. Dan itu semua justru terjadi di depan penegak hukum (baca: polisi lalu lintas) yang sedang menjalankan tugasnya mengatur lantas tanpa adanya aksi yang seharusnya dilakukan. Permisif? Dapat ditolerir? "Ah, mumpung malem taon baru ini"...? Mungkin ada yang lebih tepat dari itu.

Muka-muka sumringah terlihat, terompet ditiup bersahut-sahutan, kembang api terpancar di beberapa bagian ruang antara lapisan tanah teratas dan troposfer. Musik-musik dari berbagai aliran beradu mengeluarkan pancaran suara kolaburasi antara volume, bass dan treble, memberikan sebuah makna absurd yang diterima oleh otak dari indera pendengaran mereka yang berada dalam radius yang terjangkau.

Beberapa mata liar, muka merah dan nafas memburu entah beraroma apa berteriak "SELAMAT TAHUN BARU...!" dengan kedua tangan terangkat tinggi ke udara yang disambut oleh beberapa yang lain dengan pandangan gembira dan kedua ujung bibir tertarik ke dua arah yang berlawanan. Sekalipun tanpa kata, pandangan dan senyum itu sudah menjawab "Selamat tahun baru juga saudara mabuk-ku..."

Itu sebagian kecil dari yang gw liat. Dan dari beberapa pengalaman bertahun baru di berbagai tempat yang berbeda, hal-hal seperti itu memang sudah menjadi sebuah pemandangan lumrah yang dapat ditemui dimana saja di malam pergantian tahun.

Teringat suatu waktu, sebuah pertanyaan ditujukan kepada salah seorang teman, "Tahun baru harus begitu ya?", yang dijawab dengan "Iya dong... Malam tahun baru kan setahun sekali. Manfaatkan dengan happy-happy aja lah. Setahun sekali ini..."

Pemikiran seperti itu wajar. Wajar sekali malah. Malam tahun baru memang setahun sekali. Hmm... Tapi maaf ya kalo gw salah, menurut pendapat gw, malam-malam lain selain malam tahun baru itu setahun sekali juga loh. Kalo memang ada yang pernah ngalamin, misalnya, malam tanggal 17 Agustus 2 kali dalam satu tahun, boleh juga tuh sharing pengalamannya.

Jadi apa sih yang sebenarnya bisa jadi satu alasan yang tepat? Kalo mau malam yang lebih hebat dari malam tahun baru yang "cuma" setahun sekali, kayanya udah saatnya kita mulai ngerayain malam tanggal 29 Februari yang ternyata "Wah... 4 tahun sekali loh...!" Tertarik...? :)

Mungkin... ini cuma mungkin ya... Manusia seperti kita ini memang perlu sebuah simbol. Tanpa kita sadari, kita ini hidup di tengah-tengah berbagai simbol. Coba deh perhatikan sekeliling kita. Ada berapa simbol yang terlihat? :)

Yah, mungkin malam tahun baru bisa menjadi sebuah simbol hari yang baru, hidup yang baru, pemikiran baru, rencana baru, target baru, mobil baru, isteri baru. *Eh, yang ini mah enggak yah? :D

Jadi dengan itu semua bisa merasa bahwa tahun lalu adalah kenangan, pencapaian-pencapaian, kejadian-kejadian. Yang baik diambil, yang buruk bisa ditinggalkan. Sedangkan tahun baru ini adalah doa, rencana dan target. Karena itu banyak sekali yang membuat, bahkan menulis LIST RESOLUSI 2009.

Ngomong-ngomong soal resolusi 2009, beberapa orang teman bertanya ke gw, resolusi gw gimana? Yah, secara pribadi, resolusi gw adalah 1024 x 768 untuk monitor si kokom, kadang suka gw naikin ke 1280 x 1024. Sedangkan untuk laptop silakan dipake resolusi 1280 x 768. Yah, mana yang enak diliat aja lah. Gitu aja ko repot. *Set GUSDUR-WANNABE mode to ON. :p

Yah, apapun itu tentang tahun baru ini, semua punya alasan masing-masing, dan itu adalah sebuah hak personal yang ga seorangpun berhak untuk menganggunya.

*******

Oh ya, tambahan, jalan-jalan di pagi hari tanggal 1 Januari menyenangkan loh... Jalan-jalan pada sepi. Kalo ga percaya silakan dicoba tahun depan, karena pagi hari tanggal 1 Januari itu CUMA SETAHUN SEKALI loh...! Peace...! :)

Related Posts by Categories



9 comments:
gravatar
oeoes said...
01 January, 2009 20:29  

Selamat Tahun Baru semoga tambah sukses..!!!

gravatar
yanuar said...
01 January, 2009 20:50  

met tahun baru ya mas dews'

oya mas orang pontianak ya, sama dunk nich, saya 5 tahun kmaren tiggal diptk wktu kuliah, sekarang dah balik kampung dimelawi.

salam sukses selalu ya

gravatar
nidya cindra said...
01 January, 2009 23:17  

He2x Ku nobatkan drimu jd king ronda malem taon bru bos, yah gtu deh kbnykn pd slh kaprah, ngabsin mlm taon bru kyk bsok yg namany hr gak kmbli...Mau dblg modern mlah kwampungan hehe¤

gravatar
Dews said...
02 January, 2009 01:02  

@Oeoes

Amiin.. Makasih, sukses juga ya..

@Yanuar

Saya bukan asli orang Pontianak mas. Tapi sekarang emang lagi di Pontianak, terdampar disini. Heheh.. Salam kenal juga mas. Makasih awardnya. Yang begitu saya belum dapet.. :)

@nidya Cindra

Heheh.. King ronda alam tahun baru? Yang ada juga gara2 ronda malam tahun baru jadi ceKING. Wkwkwk... Btw, thanks udah mampir... :D

gravatar
Nyante Aza Lae said...
02 January, 2009 11:06  

mliput taun baruan pake handycam..keknya seru deh...
met taun baru

gravatar
tYas said...
02 January, 2009 11:06  

ho...

walking2 toh taon baru,,
ketemu banyak org iah??
ketemu mbak kunti, trus mas poco, atau dek tuyul juga ga??? :D

gravatar
ikeys said...
02 January, 2009 12:27  

agk bete thn bruan krn gw mlh brada d kmacetan dan pas nyampe tmpt tujuan lgsg thn baru. thu gtu mnding bkin acra sndiri drmh dews.

gravatar
dheminto said...
03 January, 2009 10:52  

taun baru?
aku malah tiduran dirumah.
soalnya ngantuk sih..
met taun baru deh

gravatar
funny humor said...
03 January, 2009 23:27  

hepi nu year...


Post a Comment

This is an automatic do-follow comment. When you leave a comment here, you will automatically receive back link from this blog.

(Ini adalah komentar do-follow. Jika anda mengisi komentar disini, secara otomatis anda mendapatkan back link dari blog ini ke blog anda)




ss_blog_claim=1c789360bf540ffa4373f31a56e85467 ss_blog_claim=1c789360bf540ffa4373f31a56e85467