feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Tulisan Saat Itu...

Labels:

Gw lagi ngubek-ngubek file gw di Kokom pagi ini buat nyari salah satu form yang diperluin untuk entry data ke kantor pusat. Biasanya gw selalu taro di folder khusus buat file-file kerjaan gw. Tapi ga tau kenapa, file yang gw cari ga ketemu disitu. Akhirnya gw putuskan untuk cari di semua drive D, dan gw input salah satu kata yang kemungkinan besar ada di file itu.

Ada beberapa hasil file yang ditunjukin ama XP, dan file yang gw cari ada. Tapi ada 1 file yang ngebuat gw sedikit bengong, karena perasaan gw familiar ama nama filenya, dan letaknya di dalam sub-directory yang dalem bgt, jadi kemungkinan ga pernah lagi terakses ama gw.

File ini isinya tulisan gw beberapa tahun yang lalu. Gw lupa kapan pastinya. Yang jelas waktu baca lagi, kenangan gw melayang ke saat-saat itu. Dan gw fikir daripada ilang lagi itu file, mendingan gw posting aja...

*****

Ga tau kenapa, gw selalu kagum ma orang2 Indonesia yg bisa belajar atau kuliah di Jepang. kenapa?? kenapa harus Jepang?? Kenapa gw ga ngerasa kagum dengan mereka yg belajar di....Zimbabwe misalnya?? (dan gw ga tau ada apa ga org Indo yg kul disono).

Yg jelas gw ga tau kenapa harus Jepang. Mungkin karena negara di timur Asia itu gudangnya teknologi, dan gw termasuk salah 1 dari orang indonesia yg suka bgt dgn yang namanya kemajuan teknologi. Mungkin secara ekstrim gw bilang gw seorang pengagum teknologi. Kalo pemuja?? Hmm.. Ga sampe gitu-gitu amat. Gini2 juga gw masih terlalu takut buat ngeduain Allah, walopun cuma pake kata2.

Jadi ceritanya gw punya dosen yg S2 & S3nya di Jepang. Namanya pak Ferry, dengan segala titel di depan dan belakang nama lengkapnya. Gw juga ga terlalu hapal titel-titelnya. Yang jelas, sekali lagi gw bilang, gw kagum dengan orang2 yg belajar di sono, jd pak Ferry ini kecipratan juga rasa kagum gw yang jarang banget gw keluarin itu. Huehue..

Bapak itu dosen gw KSK, Komponen Sistem Kendali. Baru tadi gw masuk mata kuliahnya. Itu pun pertemuan terakhir sebelum UAS, krn senen besok dah masuk minggu tenang. Gw UAS tgl 11 juni. Mudah2an gw bisa lulus dgn nilai yg bagus semester ini. Amiin..

Jd gini, kira2 sebulan yg lalu, dengan niat yang tulus ikhlas (kayak lagunya radja, huueekk..) gw berangkat ke kampus buat ikutan kuliahnya. Itu jarang2 bgt, gw kan males kuliah (anak kecil jg tauu...). Jadi di jadwal yg gw punya, yg pernah sampe ga ketauan dmn gw naronya krn saking malesnya gw kul, jadwal KSK itu hari selasa jam 2 siang, ini juga kalo gw ga salah inget (parah bgt).

Pas jam2 setengah dua gitu gw dateng aja ke kampus, dan sekali lagi, KRN AMAT SANGAT MALES SEKALINYA GW KUL, gw ga tau ruangannya dimana. Untung gw diselamatin oleh sesosok jadwal kuliah yg cantik bgt yg terpampang dengan manisnya di etalase kampus gw, yg senior2nya bertampang serem tapi (katanya) berhati bak taman bunga. wekeke...

Begitu gw tau ruangannya, langsung aja gw pasang muka lugu menuju kelas itu, karena waktu itu bakal jadi calon masuk kuliah gw utk mata kuliah ini untuk yg pertama kalinya. Jd daripada gw disemprot macem2 ma dosennya, mendingan gw pasang tampang menyedihkan....

mengenaskan....

memuakkan... Ga ding, gw kan imut. Hehe..

Eng...ing...eng...!!!! Setelah gw itung dengan seksama dan dalam tempo yg sesingkat-singkatnya, kira-kira 5 langkah lagi gw sampe di pintu tuh kelas, gw deg-degan bgt....

pas udah 4 langkah lagi.... gw tambah deg-degan...

3 langkah lagi.... gw mulai keluar keringet dingin...

2 langkah.... kepala mulai pusing dan sempoyongan...

1 langkah terkahir.... tiba2 dari pemeriksaan USG menyatakan gw positif hamil...!!!
YA NGGA LAAHH...!!!!!!

Tiba2...Ladies n gentlemen....!!! Here we go....!!!! Begitu gw nyampe depan pintu dan bisa ngeliat ke sekeliling kelas, gw ngeliat pemandangan yg amat sangat menakjubkan yg belom pernah diliat oleh seorang anak manusia pun sejak nyonya Meneer berdiri pada tahun 1913. (Ngaco)... Gw ngerasain angin sepoi2 menerpa jidat gw, gw ngeliat kaktus gelinding di lantai kelas, gw ngeliat oase di pojokan (Lu kira gurun pasir??). Artinya apa??? Yup! Kelas gw kosong. Haah??!! Apaa??? Bener...! Kelas gw BENER2 KOSONG!!!

Pertanyaan yg saat itu terbersit di otak gw, kmn dosen gw??? Kmn temen2 gw yg ngambil mata kuliah itu??? Yg ada cuma whiteboard sedang bersenda gurau dengan kursi2 yang kosong.

Waah, langsung pada saat itu terbersit di benak gw, jangan2 ada sesosok monster penuh iler yang menculik mereka. Niat baik gw muncul, dengan tulus ikhlas (radja lagi...hueekk lagi...) gw berencana bakal nolong mereka. Hal pertama yg harus gw lakuin adalah pergi ke KP buat beli kostum. Alternatif kostum yg bakal gw beli adalah:
1. Kostum Spiderman,
2. Kostum Batman,
3. Kostum Superman
4. Kostum Cewek yg lagi men,
5. atau man2 yg lainnya, (cth: Sukirman, Paiman, halaahh..!!!)

Kalo dah dapet tuh kostum, gw bakal berubah, dan dengan bantuan indera keenam puluh gw, selain indra bekti dan indra safera, gw ngelacak keberadaan monster penuh iler itu, menganalisis ilernya lalu mengoleksinya, menyelamatkan dosen dan temen-temen gw yang teraniaya, dan menjadi pahlawan pembela kebenaran pemberantas keperawanan... (????)
Naah, kan bisa jadi tuh dosen simpatik ama gw, lalu mengenalkan gw pada putrinya, trus membiarkan gw WISUDA TANPA KULIAH. Hehehe... Ga berasa iler gw ikutan netes...

APAAA??? KULIAH???? Kata2 itu yg ngebuat gw berhasil kembali ke alam sadar, dan ternyata gw masih ada di depan ruang kuliah yang kosong. Kacau....

Setelah beberapa saat gw mikir, akhirnya gw inget kata si Wawan, salah 1 tmn gw yg ambil mata kuliah ini jg. Dia pernah bilang, ruangannya pindah. Tapi gw lupa dia bilang pindah kmn. Akhirnya setelah beberapa menit yang membingungkan, bertemu dengan beberapa orang yang membingungkan, melihat beberapa tampang senior gondrong ga karuan yg juga membingungkan, mana pala atas, mana pala... temen2nya, hehe... Gw inget kalo ruangannya pak Ferry itu di lab TI.

Langsung aja gw balik ke parkiran, ambil motor, berdoa sebentar mudah2an semua lancar2 aja, gw cabut ke lab TI. Setelah melalui 5 langkah terakhir dengan deg-degan yang sama kayak sebelumnya, gw nyampe di ruangannya pak Ferry.

Pas naympe disana, gw bangga, krn blm ada 1 pun tmn gw yg dateng kesana. Gw fikir, paling ga wlp ini yg pertama gw masuk kul, gw jadi org paling rajin yg dateng waktu itu. Ehm...

Ternyata sekali lagi, kesabaran gw sedang diuji ...Ciee... Taunya bapak itu kaget pas gw blg gw mo ikut mata kuliahnya. Abis tersenyum simpul, dengan bijaksana, bijaksini, bijaksono dan bijak dimana2, dia bilang, bukan cuma ruangannya aja yg diganti. Tapi waktunya juga. Jadwal baru, mata kuliah itu dipindah ke jam 9 pagi. Busyeett....!!!

Niat baik gw buat kuliah KSK ga kesampean. Hikz...

Abis itu, daripada gw langsung balik, kan tengsin abis bro!! Jd gw ngobrol2 aja ama bapak itu. Dia banyak nasehatin gw bagaimana mengarungi kehidupan liar ini.. *Loh??! Ga ding... :D

Nah, setelah kejadian nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran yang mengharukan hati, menusuk jiwa, menebarkan air mata, dan menanam singkong di ladang (ga nyambung), gw ngeliat bapak itu buka2 buku di depannya. Asli, gw kaget banget!! Bukan...bukan karena yang dibaca bapak itu buku porno...bukan...bukan sama sekali..

Yang gw liat, bapak itu baca buku tebel, sampulnya putih, hurufnya kecil2. Tapi yang ngagetin, hurufnya itu loh... Huruf2 kanji, huruf jepang itu. Langsung aja jiwa penyiar talk-show gw muncul, jadi gw tanya, apa dia pernah ke Jepang. Taunya jawabannya membuat gw berdecak kagum sambil geleng-geleng kepala selama kurang lebih 17,6394342842956 detik (ngarang). Dia bilang, dia S2 sampe S3 di sono. GILAAAA...!!!! FRESH ABBEESSS....!!!!!!

Ya udah, akhirnya cerita berlanjut ke dunia pendidikan jepang. Gw ga mau kalah, wlp pasti kalah. Heheh.. Gw cerita jg gw pernah ditelepon orang kedubes Jepang ke rumah gw, yang bilang gw berhak ikut tes untuk kul disana. Begitu gw dah ikut tes, ternyata kenyataan berkata lain, hiks.. Setelah melewati berbagai macam tahapan, ternyata gw GA LULUS kesana... Oooohh....

Kayaknya ngeliat gw tertarik ma Jepang, bapak itu minjemin bukunya, beasiswa ke Jepang. Dia juga bilang dia jadi.. Mmm... Bisa disebut perwakilan kedubes Jepang gitu. Jadi dia dikirimin buku2 beasiswa terbitan terbaru. Sebenernya neh, gw mo langsung ngomong, kalo bisa, gw mo minta tolong dia buat ngerekomendasiin gw buat dapet beasiswa kesana. Tapi ga jadi, karena setelah gw fikir, apa kata bapak itu ntar??? "Ikut kuliah gw aja lu ga pernah, KSK aja blm tentu lulus, mo ke Jepang lu??? Jauh anakku, jauh..." Hikz...

Jadi gw pending aja bilang gitu. Kan katanya pak Dale Carnagie dlm bukunya "How to Win Friends n Influence People" yg dah jadi international best seller itu, kalo kita mo ngumpulin madu, jangan tendang sarang lebahnya. Artinya, jangan maksain kehendak kita dengan cara keras. Step by step aja dulu. Santai tapi pasti, perlu kesabaran bro!

Tapi kalo gw sih punya perumpamaan laen, kalo lu mau ngumpulin upil, jangan tendang idung orangnya...!!!! (eh, ngomong2 dah ada belom ya, pemecah rekor dunia sebagai pengumpul upil terbanyak??? Hueekkk)

Yang jelas, semangat gw untuk ke Jepang belom surut...!!! Perjuangan masih terus dikobarkan...!!! Karena kata orang, hidup itu kan berputar. Jadi gw ga mau terlalu percaya dengan kata-kata kesempatan hanya datang 1 kali. Kalo emang kehidupan itu berputar, kesempatan buat bisa kuliah di Jepang yang pernah gw dapet, bakal dateng lagi. Dan kalo saat itu dateng, gw ga bakal nyia-nyiainnya, gw bakal belajar dari pengalaman, dan itu bisa jadi bekal gw untuk bisa kuliah disana. I hope... Gw harap... :) :)

Gw ngantuk bgt... Besok, eh maksud gw mulai hari ini, 1 juni, libur panjang, 3 hari berturut2. Ditambah 1 minggu gw ga kuliah karena dah mulai masuk minggu tenang. Gw tdr dulu.. Hooaaheemmm.....

*****

Ternyata menulis itu menyenangkan, dan kalo kita baca tulisan-tulisan yang pernah kita buat, ada sensasi laen yang bisa dirasakan. Ga percaya...? Silakan coba... :)

Related Posts by Categories



5 comments:
gravatar
Nyante Aza Lae said...
19 November, 2008 10:58  

menulis itu mmng menyenangkan..palagi bisa ktemu "saudara tua" kita..sang negeri mataheri terbit..Semoga kesampean ya..

gravatar
cHoCoChiPz ChOcOLaTe CoOkiEs said...
19 November, 2008 11:23  

fiuh,,,jepang itu negara yang paling pengen achu datengin seumur idup achu,,ga perlu keliling dunia cukup ke Jepang ajah dah bahagia minta ampyunnnn,,,,,

kapan2 weekend bareng kesana yuk??hahahaha kayak yg deket aje,,

oh yah achu dah ada shout chat apa shou bow sih namanyah hahahhahahah...

gravatar
Ms.J said...
19 November, 2008 12:02  

Seperti biasa..muter2 sebelum k inti..ditambahi bumbu2 penyegar (loh?!) dan hasilnya...jreng..jreng...alur cerita yg mengalir renyah..wekekek...wish ur dream come true,sir;)

gravatar
Queen Diary said...
20 November, 2008 12:27  

impian ke negri kembang sakura....moga gak jadi kembang sepatu ato kembang kuncup hihihihi....semangat bro...

pesen kyu cuma beliin oleh2 aja yah...

gravatar
Dews said...
04 August, 2009 05:37  

Makasih semuanyaaa... *Terharu.


Post a Comment

This is an automatic do-follow comment. When you leave a comment here, you will automatically receive back link from this blog.

(Ini adalah komentar do-follow. Jika anda mengisi komentar disini, secara otomatis anda mendapatkan back link dari blog ini ke blog anda)




ss_blog_claim=1c789360bf540ffa4373f31a56e85467 ss_blog_claim=1c789360bf540ffa4373f31a56e85467