feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Gerhana Matahari Terlama

Labels: ,

gerhana matahari terlama
Quick update tengah malem.

Ada info keren yang gw dapet dari vivanews, bahwa gerhana matahari total terlama dalam abad ini bakal terjadi hari ini, 22 Juli 2009. Ini termasuk fenomena alam yang mantap dan ga boleh dilewatin, karena mungkin hanya terjadi sekali seumur hidup.

Infonya, kota Shanghai dan sejumlah pulau di selatan Jepang bakal mengalami gelap di siang hari pada hari Rabu, 22 Juli 2009, waktu setempat. Kegelapan di wilayah-wilayah itu akan berlangsung selama sekitar lima menit.

Gerhana pertama kali bakal muncul pada Rabu dini hari di Teluk Khambhat, India, yang terletak di sebelah utara kota metropolis Mumbai. Pemandangan itu selanjutnya bakal keliatan di bagian timur India, lalu di Nepal, Myanmar, Banglades, Bhutan, dan China sebelum akhirnya muncul di Pasifik.

Terhalangnya pandangan ke matahari oleh bulan dari permukaan bumi itu terakhir bakal keliatan di Pulau Nikumaroro, Kiribati, yang terletak di Pasifik Selatan. Tapi tenang aja, penduduk negara-negara lain di Asia juga bisa melihat gerhana matahari, walaupun ga akan total.

Buat para astronom, gerhana itu bakal jadi peluang untuk memandangi langsung, dalam waktu relatif lama, korona matahari. Benda itu menyerupai cincin putih berjarak 1 juta kilometer dari permukaan matahari.

Gerhana total terakhir - yaitu pada Agustus 2008 - berlangsung selama 2 menit 27 detik. Tapi gerhana kali ini bakal berlangsung lebih lama dan mungkin terlama dalam satu abad terakhir, yaitu 6 menit dan 39 detik.


gerhana matahari terlama
Btw, di atas adalah gambar ilustrasi area di bumi yang bakal dilewatin gerhana matahari ini. Tapi untuk wilayah Indonesia, yang kena cuma bagian utara dan tengah pulau Sumatera, bagian utara pulau Kalimantan dan Sulawesi, dan Pulau Papua secara keseluruhan. Untuk Jakarta dan pulau Jawa? Kayanya cukup denger dan lihat aja gimana beritanya ntar. Heheh...

Kita tunggu aja gimana perkembangannya ntar siang. Mudah-mudahan juga ada yang sempet liat. :)


Related Posts by Categories



7 comments:
gravatar
lukmandisini said...
22 July, 2009 02:52  

wogh jakarta gabisa liat ya? :(
mudah2an Depok bisa liat tu gerhana *disambit teleskop*

ahaha still, nice info gan!! *lempar cendol*

gravatar
Dews said...
22 July, 2009 03:25  

Depok bisa liat kok kem. Tapi syaratnya harus disambit teleskop dulu. Ahahah....

Kok kayanya familiar banget yak ama kalimat terakhir? *blushing...

gravatar
the lady said...
22 July, 2009 07:00  

Syg g kliatan yak..pngn liaat..

gravatar
Dews said...
22 July, 2009 07:49  

The Lady:

Sabar aja, mungkin sekitar 6.254,5656748923 tahun lagi bakal muncul lagi yang kaya begini. Tungguin aja ya..

Orang sabar disayang Tuhan... ;-)

gravatar
blog penghasil uang said...
22 July, 2009 12:56  

wah aku baru tahu ik mas, makaih infonya

gravatar
The Lady said...
22 July, 2009 17:34  

Iya om..nanti diliat dr dunia lain saja..wekekeke!

gravatar
nidya_cindra said...
12 August, 2009 14:49  

makin keren ajah blog nyah


Post a Comment

This is an automatic do-follow comment. When you leave a comment here, you will automatically receive back link from this blog.

(Ini adalah komentar do-follow. Jika anda mengisi komentar disini, secara otomatis anda mendapatkan back link dari blog ini ke blog anda)




ss_blog_claim=1c789360bf540ffa4373f31a56e85467 ss_blog_claim=1c789360bf540ffa4373f31a56e85467