feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Seorang Ibu yang Aneh.....

Labels:

Ada kejadian yang baru sekali gw temuin dalam hidup gw. Dan kejadian itu bikin gw kaget, bingung sekaligus nyadar dan ngebuka mata gw bahwa kadang-kadang cerita dari sebuah film memang ada di dunia nyata.

***

Ada yang pernah nonton film komedi romantis "50 First Dates"...? Film ini keluar tahun 2004, dibintangi aktor kocak Adam Sandler dan si seksi Drew Barrymore. (Nyam-nyam... Bentar, ngelap iler yang tiba-tiba mengalir dengan deras.. :D)

Wait, gw ga bakal ngebahas soal mbak Drew disini (mungkin belom sekarang.. :p). Yang mau gw bahas adalah inti dari film ini.

Untuk yang belom pernah nonton --film ini gw recommend. A must see lah--, gw bakal review dikit. Film ini sebenernya sederhana, berkisah tentang sisi lain dari penderita Amnesia Anterograde atau short-term memory loss. Jadi ceritanya, seorang ahli Biologi kelautan, Henry Roth (Adam Sandler) yang merupakan sesosok playboy kelas kakap telah menemukan pujaan hatinya, Lucy (mbak Drew (ngelap iler lagi...)). Ternyata Lucy ini adalah seorang penderita short-term memory loss, dimana setiap kali dia tidur di malam hari, dia mengalami kehilangan memory di pagi harinya, karena pernah mengalami kecelakaan yang ngebuat kepalanya terbentur dengan keras.

Jadi akhirnya si Henry Roth cari cara gimana supaya Lucy selalu inget dia setiap hari, walaupun penyakit tersebut udah ga bisa disembuhin lagi. Menurut gw, cara yang dia pake unik dan romantis abis, penuh dengan bumbu komedi dimana-mana. Dan yang paling penting adalah film ini cerdas.

Nah, cukup soal review filmnya. Jadi ada 1 scene di film ini yang cerita tentang seorang penderita short-term memory loss yang akut. Gw lupa siapa namanya, yang jelas dia selalu lupa ama kejadian-kejadian setelah 20 detik. (Masi mendingan Lucy yang bisa inget sampe 1 hari). Pemeran karakter si 20 detik ini juga kocak abis, dan gw ketawa-tawa waktu ngeliat adegan itu.

Dalam hati gw berfikir, "Mana ada orang yang sampe segitu akutnya keilangan ingetan..? Ngada-ngada aja ini film".

Gw beranggapan bahwa karakter itu memang cuma untuk hiburan. Dan itu masih tetap gw yakinin sampe suatu saat, pas gw di Jakarta, di depan kantor pusat, gw ngalamin kejadian yang meruntuhkan semua keyakinan gw soal itu. Heheh.. Agak berlebihan yaa... Hmm... Begini ceritanya:

Jadi waktu itu, gw abis makan siang ama mba Yundha di salah satu tempat makan di deket kantor pusat gw. Trus karena gw harus ngejer pesawat jam 3 untuk terbang ke Pontianak, kita balik ke kantor sekitar jam 12. Tapi karena waktu itu hari Minggu, ga ada orang di kantor, yang ada cuma mas Minto yang jagain kantor.

Waktu gw sampe depan kantor, si mas Minto ini ngunci pintu dan naik ke lantai 4. Jadi sambil nungguin dia bukain pintu, gw ama mba Yundha berdiri di depan pintu kantor yang terkunci itu. Ga berapa lama, ada seorang ibu, kira2 umurnya 30an gitu jalan dari jauh dan nyamperin kita. Matanya terus-terusan ngeliat ke arah mata gw, kaya ga ada orang laen di sekitar situ.

Setelah deket, ibu ini ngulurin tangannya ke gw dan ngomong, "Minta seribu Pak, buat beli es..." dengan ekspresi yang gw ga tau gimana ngejelasinnya. Dan dia terus-terusan ngulangin kata-kata itu. Berhubung waktu itu uang gw di dompet dan si ibu ini deket bgt ama badan gw, gw nanya ama Yundha, "Ada uang kecil ga Yun..?". Dia ngangguk, cari uang seribuan dan langsung dikasiin ke ibu itu.

Si ibu nerima uang itu tanpa ngalihin matanya dari mata gw, ngeliat ke uang itu sebentar, trus balik ngeliat mata gw dan ngomong, "Makasi ya Pak..." sambil melambaikan uang itu di depan gw. Gw ngangguk sambil senyum ke dia.

Gw kira udah beres, si ibu bakal meninggalkan kita dan langsung berburu es kesukaannya. Tau-tau, dia ngomong lagi, "Makasi ya Pak...", dengan nada suara dan logat yang sama persis dengan sebelumnya. Gw yang belom ngeh, kembali dengan lugunya ngangguk dan senyum ke dia. Tapi lagi-lagi dia ngomong gitu ke gw, dan lagi-lagi gw senyum sambil ngangguk. Fiuuhh...

Sejurus kemudian, si ibu diem sebentar. Dia masih tetap disitu. Trus ngeliat ke atas (yang tadinya gw kira ngeliat logo kantor gw). Itu ga berlangsung lama, ketika dia balik lagi ngeliat mata gw, tetap dengan pandangan yang gw ga tau definisinya dan kaya baru ketemu gw, dia ngomong lagi... "Minta seribu Pak, buat beli es..." (Si Ibu ngulangin kata2 itu, dengan nada suara yang PERSIS sama dengan pas dia minta uang yang pertama).

Gw mulai ngerasa aneh dengan kejadian ini. Ibu itu tanpa peduli dengan ekspresi gw, terus2an ngulangin kata2 itu tetap dengan format yang sama.

Yundha yang juga mulai bingung, berfikir kalo si ibu ini mintanya dari gw dan ga mau dikasi dari orang laen. Dia kembali ngambil uang seribuan, dan dikasiin ke tangan gw lewat bawah supaya ga keliatan ama ibu itu.

Gw ambil uang seribuan dari Yundha, pura2 masukin ke kantong celana, dan ngasiin uang itu ke si ibu yang masi ngomong "Minta seribu Pak, buat beli es...".

Gw fikir dengan gw yang ngasi langsung, si ibu dapet apa yang dia mau, trus pergi. Ternyata kejadian yang sama persis berulang kembali. Ibu itu bilang "Makasi ya Pak..." beberapa kali, gw ngangguk sambil senyum lagi beberapa kali. Si ibu kembali ngeliat keatas beberapa detik, diem2 bengong, trus balik lagi ngeliat mata gw dan bilang.....

"Minta seribu Pak, buat beli es..."

Aaaaaarrrgghhh.....!!! Apa si maunya ibu ini???

Gw bener-bener yakin ada yang ga beres ama ibu ini. Jadi gw bilang, "Udah bu. Itu udah ada uangnya." sambil nunjuk uang dua ribuan di tangannya.

Tapi si ibu kaya ga denger apa yang gw bilang, terus2an ngucapin kalimat minta-seribu-pak-buat-beli-es tadi persis seperti sebelumnya.

Gw yang udah bener-bener bingung ngeliat ke Yundha berharap dapet bantuan, tapi malah dibales ama tatapan bingung juga dari dia. Malah dia lebih parah dengan ngangkat bahunya tanda menyerah.

Akhirnya gw taro telapak tangan gw di punggung si ibu, ngajakin dia agak ngejauh dari depan pintu kantor, trus gw nunjuk2 ke satu arah dan bilang, "Disana bu, esnya". Si ibu denger gw ngomong gitu, ngeliat tangannya yang ada uang dua ribuan, senyum2 aneh, dan bilang "Makasi ya Pak..." sambil (tetep) melambaikan uang di depan gw. Tapi gw dah ga mau ngangguk dan senyum2 lagi. Gw tetep nunjuk2 ke arah yang sama dan kasi tau si ibu kalo disana ada es. Walopun gw ga tau, disana ada es apa ga. Kalo misalnya si ibu pergi kesana dan ketemu es-em-pe, atau es-em-a, atau es-pe-ge sekalipun, yang penting dia dah ketemu esnya. Heheh...

***

Fiuuh... Gw ga tau apa itu emang trik si ibu buat minta uang ke orang, dengan pura-pura lupa dan akhirnya bisa dapet uang lebih, atau emang dia lupa beneran. Kalo dia pura-pura lupa gitu, gw kasi jempol deh buat aktingnya.

Yang jadi masalah adalah, kalo emang ibu ini juga penderita short-term memory loss, dan dia emang lupa beneran dalam waktu beberapa detik itu. Kasian amat... Jangan2 setelah ninggalin kantor gw, dalam jangka waktu 20 detik dia lupa kenapa di tangannya ada uang dua ribuan, siapa dia dan kenapa dia ada di jalan itu. Mungkin dia bakalan sedih trus nangis. Kasian juga gw mikirinnya. Hmm...tapi gpp deh, toh 20 detik kemudian dia juga bakal lupa kenapa dia nangis. Ups...! :D

Apapun itu, trik atau short-term memory loss, kejadian itu ada dan nyata. Dan itulah realita yang terjadi pada bangsa ini. Wew... Agak kejauhan yaa...

Selamat jalan ibu, semoga dikau menemukan es impianmu... Hikz....

Related Posts by Categories



6 comments:
gravatar
Nyante Aza Lae said...
17 November, 2008 10:46  

inget crita2 sinetron indonesia...ada org saling mencintai...sang laki2 kecelakaan, terus dia lupa ingatan, luapa ia dengan kekasih yg sdh menjadi tunangannya...euahh..g ngerti deh. Drpd nonton sinetron, lbh baik nonton film "50 First Dates"...?

gravatar
cHoCoChiPz ChOcOLaTe CoOkiEs said...
17 November, 2008 12:01  

ada lage satu penyakit yang menurut ane aneh juga dan menyeramkan,,namanya Alzaimer (klo ga salah nulis ya) penyakit ini ada di film Note Books ama LoVe is Cinta penyakit ini di derita ama Alm.SopanSofyan,,penyakit ini sama kayak penyakit si Drew tp bisa bikin si penderita meninggal dunia,,pertama2 sih lupa hal2 yg spele,,ya kayak pikun gt,,tp lama2 bisa lupa ma nama dya,,keluarga,,tempat tinggal,,temen2,,sampai akhirnya dia meninggal dunia tanpa bisa mengingat satu pun yg pernah ada di kehidupan dya,,

oh ya ane dah bikin link,,,hehehehehee..

gravatar
Unknown said...
17 November, 2008 15:49  

iya mbak Drew emang montok bikin gw ngiler juga...

awas....ngences...!!!

wah tuh ibu-ibu bearti udah gila....
ato mungkin pita kasetnya dia udah rusak... jadinya di rewind trus deh...

gravatar
Anonymous said...
17 November, 2008 16:14  

De pilm na romantis banget tau..pilm yg waktu ntu ade pinjemin ke aku kan? nagis n ketiwi juga siy ntn na'

eh iya ibu2 itu bikin ngeri tau..sempet kepikir jangan2 gila...
hem tapi s4 kepikiran juga jgn2 ntu ibu2 naksir ade hahahha

gravatar
arya anindita said...
17 November, 2008 18:53  

wah dew..serem juga ada penyakit kek gitu..

kalo penyakit di spbu deket rumah gw namanya kurangasemerisme..jadi ada anak umur 6 taun minta2 duid ke gw..gw tanya buat beli apa (kalo jawabnya buat makan ya gw kasih)..

n dia jawab : buat beli roko..
asem banget ga jadi gw kasi duid deh..!!

sip dah postingan ini..

gravatar
Dews said...
17 November, 2008 19:19  

@Nyante aza lae: Setuju bos...!

@Chococipz: Wah, ternyata serem juga penyakit begitu. Link-nya udah dibales neh.. :D

@Agi: Awas banjir ngences bro... :D
Mungkin pita kasetnya yang rusak, mungkin juga playernya yang error. Keknya perlu diinstall ulang si ibu.. Heheh..

@Nidya: Pilemnya TOP deh...
Naksir...? Wah, kok baru bilang sekarang? Coba dari pas gw masi disana... jadi nyesel neh... Heheh..

@Arya: Wah, penyakit baru tuh. Mungkin tuh anak 6 taon emang mau makan. Tapi berhubung makanan pokoknya rokok, ya dia jawab buat beli rokok deh.. Pizz.. :p


Post a Comment

This is an automatic do-follow comment. When you leave a comment here, you will automatically receive back link from this blog.

(Ini adalah komentar do-follow. Jika anda mengisi komentar disini, secara otomatis anda mendapatkan back link dari blog ini ke blog anda)




ss_blog_claim=1c789360bf540ffa4373f31a56e85467 ss_blog_claim=1c789360bf540ffa4373f31a56e85467